Wanita, Hati-Hati, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Picu Kanker Payudara!

Loading...
Kanker payudara menjadi penyebab kematian kelima akibat kanker pada wanita. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, para ahli di bidang kesehatan menemukan beberapa makanan yang menjadi pemicu atau bahan ‘makanan’ bagi sel kanker untuk tumbuh.

1. Makanan kaleng
Semua kaleng yang digunakan untuk menyimpan makanan terbuat dari bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Bahkan paparan kecil terhadap BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2. Disarankan untuk membeli bahan makanan yang segar dari pasar daripada memilih kaleng.

Foto: The Doctors TV Show

2. Daging panggang
Memanggang daging dianggap menjadi salah satu cara paling sehat mengolah daging, tapi tidak untuk penyakit kanker. Sebab, memanggang protein daging dengan suhu tinggi dapat meningkatkan amina heterosiklik (HCAs), yang merupakan senyawa penyebab kanker.

3. Lemak hewani
Lemak jenuh pada produk hewani dapat memicu peningkatan kadar estrogen dan prolaktin, yang dapat menyebabkan kanker, khususnya kanker payudara.

5. Gula
Sebuah studi di Italia yang diterbitkan oleh American Journal Clinical Nutrition menunjukan korelasi indeks glikemik dengan dengan kanker payudara. Dan gula merupakan salah satu bahan makanan dengan kadaar indeks glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi merupakan makanan yang memiliki dampak signifikan terhadap gula darah. Saat gula darah naik, tubuh melepaskan hormon insulin. Saat kadar insulin dalam darah tinggi, ini akan meningkatkan kadar estrogen bebas yang beredar. Ketika insulin dan kadar estrogen menempel pada reseptor, hal ini akan memicu percepatan pembelahan sel, termasuk sel kanker.

Selain gula, pemanis buatan seperti aspartame dan sucralose juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Di dalam pemanis mengandung insulin, dan seperti yang dijelaskan di atas, kadar insulin yang tinggi akan meningkatkan kadar estrogen bebas yang beredar, sehingga memicu percepatan pembelahan sel.

6. Produk olahan susu
Salah satu bahan kimia kerap diberikan kepada hewan ternak, khususnya adalah rGBH. Zat kimia ini mampu mempercepat dan menambah produksi susu pada sapi. Susu yang dihasilkan dari sapi yang menyerap senyawa kimia tadi kadar growth factor-1 (IGF-1) yang tinggi. Growth factor-lah yang mengatur diferensiasi dan pembagian sel dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan resiko kanker payudara terutama pada mereka yang memiliki sel kankernya.

Para ahli juga telah menemukan kaitan antara asupan kalsium tinggi dan pengembangan kanker. Ini karena produk susu kaya kalsium dan bisa menurunkan hormon, sebesar 1,25-dihydroxyvitamin D3. Hormon ini bertugas melindungi seseorang dari sel kanker. Sumber/Foto/Artikel Asli : Tempo | inspiradata.com
Loading...
CopyAMP code

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wanita, Hati-Hati, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Picu Kanker Payudara!"

Posting Komentar